Pengembangan Layanan Jasa Pengiriman PT. Pos Indonesia Untuk Kebutuhan Masyarakat di Kota Bandung

Authors

  • Siti Wahyuningsih Puslitbang PPI

DOI:

https://doi.org/10.17933/jppi.2013.030102

Keywords:

Pos, Layanan, Kebutuhan

Abstract

ABSTRAK

Berlakunya UU No. 38/2009 Tentang Pos, membawa perubahan terhadap penyelenggaraan pos di Indonesia, dengan  persaingan yang  kompetitif diantara para penyelenggara jasa perposan. PT. Pos Indonesia, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara  (BUMN) yang  menyelenggarakan  layanan  pos  khususnya  jasa pengiriman surat dan paket,  saat ini  harus memiliki  konsep pengembangan  untuk  meningkatkan  layanan yang  berorientasi kepada pelanggan  dan segmen pasar.  Hal ini menuntut PT. Pos Indonesia (Persero)  untuk  melakukan pengembangan  terhadap  kinerja layanan pos yang berkualitas, cepat dengan biaya  yang  terjangkau. Berdasarkan metode survei dengan pendekatan kuantitatif,  penelitian bertujuan mendeskripsikan data dan informasi secara komprehensif  mengenai  pengembangan  layanan  pada  PT. Pos Indonesia  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat  akan jasa pengiriman  surat dan paket.  Hasil penelitian menunjukkan,  pengembangan layanan jasa pengiriman pada PT. Pos Indonesia di Kota Bandung berpedoman pada  UU tentang pos No. 38/2009  dan berkomitmen  pada  prinsip utama Good Corporate Governance (GCG)  untuk  meningkatkan  kinerja  layanan  sesuai  dengan  kebutuhan  masyarakat pelanggannya.  Berdasarkan  analisa  kualitas  layanan  (Service  Quality),    masyarakat pelanggan jasa  pada  umumnya   menilai  baik  terhadap   pengembangan layanan  jasa pengiriman  yang  diselenggarakan  PT. Pos Indonesia  di  Kota Bandung.  Di mana   kondisi layanan  di PT. Pos Indonesia   terutama di Kota Bandung  saat ini telah memenuhi  kebutuhan berdasarkan  standar kualitas layanan yang  dinilai baik oleh masyarakat pelanggannya.  Selain memenuhi standar kualitas layanan,  komitmen PT.  Pos Indonesia  senantiasa mempertahankan dan meningkatkan upaya pengembangan  secara  kemitraan  dengan  penyelenggara pos lainnya.          

 

ABSTRACT

The no. 38 / 2009 on the post bring change for the post in indonesia with competition among the services competitive implementer perposan. PT. Pos indonesia as one state enterprises ( soes ) the postal service esp. letters and packages, delivery service this moment must have the concept of development to improve services to customers and market oriented segments. This will require PT. Pos Indonesia (persero ) to undertake development on the performance of quality, postal service quick at a cost that is actually achievable. Based on the quantitative, with a method of surveying research described a aimed at data and information service in pt konprehensif on the development. Post indonesia to fulfill the communities will delivery of letters and packages. The results showed, the development of delivery services at PT. Pos Indonesia in Bandung based on the Law of the heading. 38/2009 and committed to the main principles of Good Corporate Governance (GCG) to improve the performance of services in accordance with the needs of the customers. Based on the analysis  servqual (Service Quality), people generally consider customer service both to the development of shipping services organized PT. Pos Indonesia in Bandung. Where the conditions of service in the PT. Pos Indonesia, especially in Bandung today has met the requirements based on service quality standards are assessed either by public customers. In addition to meeting the quality standards of service, commitment PT. Pos Indonesia continues to maintain and enhance the development efforts in partnership with other postal providers.

Author Biography

Siti Wahyuningsih, Puslitbang PPI

Kementerian Komunikasi dan Informatika

References

Prasetyo, Nurjannah (2006). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Surjadi.(2009). Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Malang, Refika Aditama.

Wahyuningsih, Sri (2008), Minat Masyarakat Kota Semarang terhadap Layanan Pos, Buletin Pos dan Informatika, Volume 6 Nomor 4, Desember, 2008, Kementerian Komunikasi dan Informatia, Jakarta.

Zeithaml, VA, Parasurraman, AA& Berry, L.L. (1990), Delivering Service Quality: Balancing Customer Perception and Expectation, New York: The Free Press.

Sumber Online :

Charlene Rohr, Urs Trinkner, Alison Lawrence, Priscillia Hunt, Chong Woo Kim, Dimitris Potoglou dan Rob Sheldon. (2011). Study on Appropriate Methodologies to Better Measure Consumer Preferences for Postal Services. Diakses dari http:// ec.europa.eu/internal_ market/ post.

Ismanto. (2013). Pos Indonesia Raup Rp15 Triliun Dari Jasa Pengiriman Paket dan Surat. Diakses dari http:// www.m.bisnis.com/industri/read/20130926/12/165486.

Mardjana (2013), Jelang Fajar 2013 Era Baru PT. Pos Indonesia (Persero) “ Peralihan Dari Postal Company Menjadi Network Company, Public Relation On 02 January 2013. Diakses dari http://www.posindonesia.co.id . 26/11/2011

Marpaung, Prangko ”Prisma” dalam Dunia Perposan. Diakses dari http:// www.officepromosi.com/filateli/news/prisma.html, 28/12/2011.

Marpaung (2010), Eksistensi Pos Indonesia – Jaringan & Catid. Diakses dari http://www.waspada.co.id, Tuesday, 11 May 2010 06:02

Moez Ltifi, Jamel, Eddine. (2012). Satisfaction and loyalty with the Tunisian postal services. Diakses dari http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_2_No_7_April_2012/20.pdf

Prasetyowati, Rika Wahyu (2011). Pengembangan Jasa Pelayanan Publik Pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) (Studi Tentang Pemanfaatan TI Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Pelayanan Publik Pos Peka Waktu Pada PT. POS INDONESIA Kota Malang). Diakses dari http://elibrary.ub.ac.id/handle/123456789/28743.

Sumber Lainnya :

http://www.posindonesia.co.id/index.php/produk/surat-dan-paket. Diakses pada 7/6/2013.

http://xa.yimg.com/kq/groups/22999204/902872645/name/makalah+mpu.docx

Downloads

Published

2013-09-02