E-Goverment Sembakodroid Monitoring Harga Sembako Berbasis Android

Main Article Content

Ahmad Fahriyannur Rosyady
Risnandar Risnandar
Izzatul Ummah

Abstract

ABSTRAK

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang begitu pesat, banyak manusia yang tidak dapat dipisahkan dari teknologi. Hal ini menyebabkan banyaknya instansi pemerintah yang memanfaatkan teknologi khususnya di bidang Information Technology (IT) dalam menjalankan business process dalam pemerintahan. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat merupakan sebuah Dinas yang bertugas untuk mengatur dan mengawasi  jalannya arus perdagangan di Jawa Barat. Selain itu, Disperindag Provinsi Jawa Barat juga mempunyai tugas untuk melakukan monitoring (mengawasi) harga sembilan bahan pokok (sembako)  yang terdistribusi di pasar-pasar yang berada di Provinsi Jawa Barat. Saat ini, pengelolaan harga sembako hanya dapat dilakukan oleh admin, yang dalam hal ini merupakan pegawai Kementerian Perdagangan sebagai pemantau harga sembako secara nasional. Sedangkan Disperindag Provinsi Jawa Barat memiliki petugas lapangan yang mencatat data langsung dari pasar untuk mendapatkan data harga sembako secara periodik, mulai dari pagi, siang, dan sore hari. Selanjutnya data tersebut dikirimkan ke admin untuk dimasukkan dan dikelola pada server berbasis web untuk disebarluaskan ke masyarakat yang dapat diakses melalui sistem Sembakodroid ini yang dapat diinstal melalui gadget berbasis platform dan Sistem Operasi Android. Sistem Sembakodroid ini terbagi menjadi dua, yaitu mobile system berbasis paltform android yang akan digunakan oleh petugas lapangan untuk menginput dan mengolah data laporan harga sembako dan web based system sebagai server dan untuk pembuatan dokumen laporan harga sembako oleh administrator. Metodologi pengembangan sistem ini dengan menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan Prototype Model. Dengan adanya sistem monitoring harga sembako Sembakodroid berbasis platform android ini diharapkan dapat membantu petugas lapangan di Disperindag dalam memonitor harga sembako secara periodik dan mempermudah dalam pembuatan laporan data harga sembako secara cepat dan tepat. Selain itu, sistem yang dibangun ini dapat diakses secara mobile oleh petugas lapangan, sehingga proses pengelolaan data harga sembako dapat dilakukan langsung di pasar. Harapan ke depan, sistem ini dapat diadopsi oleh stakeholder lainnya dalam meningkatkan kinerja pelayanan berbasis e-government untuk mencapai good governance.

 

ABSTRACT

Currently, government agencies have made use of Information Technology (IT) to implement a business process in government. Department of Industry and Trade (Industry and Trade) of West Java province is responsible for regulating and overseeing the flow of trade in West Java and monitoring (overseeing) the price of nine essentials food commodities (sembako) that is distributed in the markets around West Java Province. Currently, management of nine essentials food commodities prices can only be done by an admin, which in this case are employees of the Ministry of Commerce as food prices nationwide monitor.  While Disperindag West Java province have field workers who recorded the data directly from the market to get food commodities prices data periodically, ranging from morning, afternoon , and evening . Furthermore, the data is sent to the admin and managed to put on a web-based server for dissemination to the public which can be accessed through this Sembakodroid system that can be installed through platform -based gadgets and Android Operating System. Sembakodroid system is divided into two, the Android mobile platform- based system that will be used by field personnel to input and process data reports food prices and a web -based system as the server untuk melakukan laporan dokumen dari harga pangan oleh administrator. With the nine essentials food commodities prices Sembakodroid monitoring system based on android platform is expected to assist officers in the field of Industrial and Trade Agencies to monitor food prices periodically and facilitate in making food prices report the data accurately and quickly intervening. In addition, the system built in a mobile accessible by field workers, so that the food prices data management process can be performed directly in the market. For the next, this system can be adopted by other stakeholders to improving performance of e-government services based in order to achieve good governance.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ahmad Fahriyannur Rosyady, Program Studi Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Terapan

Universitas Telkom

Risnandar Risnandar, Program Studi Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Terapan

Universitas Telkom

Izzatul Ummah, Program Studi Ilmu Komputasi, Fakultas Teknik

Universitas Telkom

References

Ali Zaky; E. W. (2012). Membuat Web Mobile Dengan Jquery Mobile. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Arbie. (2004). Manajemen Database dengan MySQL. Yogyakarta: Andi.

Borom; E. (2000). Study Offers Early Look at How Internet is Changing Daily Life. Stanford Institute for the Quantitative Study of Society.

Broulik; B. (2011). Pro jQuery Mobile. Minnesota: Apress.

Doe; J. (2000). Internet Usage Within Nations. Boston: Boston Publishing.

Internet World Stats. (2006). Top 10 Countries With The Highest Numbr of Internet Users. Diakses dari Internet World Stats: sage and Population Statistics: http://www.internetworldstats.com/top20.htm pada 12 30; 2006

Interprise; J. (2011). Step by step html. Jogjakarta: Elex Media Komputindo.

Irmansyah; F. (2003). Pengantar Database.

Jayadi; M. (2010; Januari 11). Implementasi ISO 9001:2008 di Perguruan Tinggi. Bandung.

Kadir; A. (2008). Dasar Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi.

Lubis; J. (2001). Internet User Behaviour. McMillan Publishing.

M Huda; K. (2011). Membuat Aplikasi Database dengan Java; MySQL dan NetBeans. Jakarta: Elexmedia Media Komputindo.

Mellers. (2000). Choice and the relative pleasure of consequences. Psychological Bulletin ; 5.

Moenir. (1992). Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugroho; E. P. (2009). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Politeknik Telkom.

Roberts; S. (2009). Information System: Now and Tomorrow. Chicago: Adventure Press.

Rohim; A. (2009). Perancangan Basis Data Relasional. Bandung: Politeknik Telkom.

Rohit Ghatol; Y. P. (2012). Beginning PhoneGap Mobile Web Framework for JavaScript and HTML 5. Switzerland: Apress.

Pressman; R. S. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak. Andi Publisher.

Safaat; N. (2011). ANDROID. Bandung: Penerbit Informatika.

Saputro; T. (2011). Aplikasi dan Arsitektur Android. Surabaya: Putra Jatim.

Soeherman; B. D. (2008). Designing Information System. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sommerville; I. (2007). Software Engineering. Addison Wesley.

Sunyoto; A. (2007). AJAX-Asynchronouse JavaScript & XML. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Supardi; D. (2006). Sistem Kerja Perpustakaan Daerah (15 ed.). Jakarta: Gramedia.

Suryatiningsih; W. M. (2009). Pemrograman WEB. Bandung: Politeknik Telkom.

Sutanta. (2004). Sistem Basis Data. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syafaat; N. (2011). Pemrograman Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Elex Media Komputindo.

Wijaya; D. (2009). Perancangan Basis Data. Bandung: Politeknik Telkom.