MODEL PEMBERDAYAAN RELAWAN TIK DALAM MENINGKATKAN E-LITERASI MASYARAKAT DI KOTA SUKABUMI

Authors

  • Syarif Budhirianto Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Bandung

DOI:

https://doi.org/10.17933/jppi.2016.060102

Keywords:

model pemberdayaan, relawan TIK, e-literasi.

Abstract

Pemberdayaan masyarakat oleh relawan TIK merupakan langkah strategis menuju e-literasi  dalam  meningkatkan kualitas kehidupan. Fokus penelitian adalah bagaimana   model pembelajaran yang efektif diterapkan pada masyarakat, sehingga transformasi informasi yang dilakukan relawan TIK mudah diserap (absorb the lessons). Untuk  membangun persepsi positif dalam pembelajaran, diperlukan studi kualitatif dengan  para pemangku kepentingan (stakeholder) di Kota Sukabumi berdasar kompetensi  empirik yang dimiliki, sehingga dapat memformulasikan model pembelajaran yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan  model pembelajaran dalam meningkatkan e-literasi, adalah dengan melakukan kolaborasi dan koordinasi secara sinergi dengan pemangku kepentingan  dan menyatukan misi pembelajaran, selanjutnya melakukan pemetaan berdasar karakteristik masyarakat, seperti minat belajar, kemampuan, dan gaya belajar. Model pembelajaran yang bisa diadaptasikan kepada masyarakat memerlukan media berbasis TIK yang disesuaikan dengan bahan ajar (modul), untuk memerjelas penyajian pesan yang tidak terlalu verbalistis tetapi lebih mengedepankan praktek. Sistem pemaparan yang lebih komunikatif, dengan mengeleminir istilah-istilah TIK yang sulit dipahami akan menunjang percepatan proses belajar secara tepat dan dapat mengatasi sikap pasif anak didik.

Downloads

Published

2016-10-17