PENERAPAN TRACKING BUS “TRANS MAMMINASATA” DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI GOOGLE MAPS API BERBASIS MOBILE WEB DI KOTA MAKASSAR

Main Article Content

Rismayani -

Abstract

Trans Maminasata adalah sebuah layanan Bus Rapit Transit (BRT) yang telah diluncurkan oleh pemerintah provinsi Sulawesi Selatan guna melayani kebutuhan transportasi umum bagi para pengguna angkutan BRT di wilayah Maros, Makassar, Sungguminasa, Gowa dan Takalar (Mamminasata). Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana memberikan informasi kepada masyarakat pengguna layanan trans mamminasata mengenai titik-titik lokasi keberadaan bus trans mamminasata secara periodik sehingga memudahkan masyarakat untuk mengetahui tracking dan keberadaan dari bus trans mamminasata. Metode atau teknologi yang digunakan adalah Google Maps Api untuk menetahui titik-titik keberadaan bus trans mamminasata, Google Maps Api adalah kumpulan API yang memungkinkan seseorang  menghamparkan data di peta khusus google dan berbasis mobile . Hasil dari penelitian ini adalah dengan memanfaatkan teknologi Google Maps Api yang  berbasis mobile i maka masyarakat pengguna bus Trans Mamminasata dapat mengetahui titik-titik keberadaan bus trans mamminasata secara periodik serta mengetahui informasi tracking yang dilewati oleh bus trans mamminasata. Berdasarkan hasil kuesioner yang diambil sampel 25 responden dari masyarakat pengguna bus Trans Mamminasata untuk mengetahui tingkat manfaat dari sistem tracking adalah  82% sangat bermanfaat, 15% bermanfaat, 3% cukup bermanfaat dan 0% tidak bernanfaat.

Article Details

Section
Informatics

References

Dirgahayani, P., 2013. Environmental co-benefits of public transportation improvement initiative: the case of Trans-Jogja bus system in Yogyakarta, Indonesia. J. Clean. Prod., Special Volume: Climate Co-Benefits in Urban Asia 58, 74–81. doi:10.1016/j.jclepro.2013.07.013

Firmanda, D.R., Rahardjo, N., 2013. Sistem informasi Geografi untuk EvaluasiLokasi Shelter Bus Trans Semarang. J. Bumi Indones. 2.

Haroen, Z.A., Miskul Firdaus, Zaini, M., 2014. 113821-ID-tingkat-kepuasan-pengguna-bus-trans-jaka.pdf. J. Manaj. Transp. Logist. 1.

Hidayat, S.S., Kencana, I.P.E.N., Jayanegara, K., 2013. Prediksi pengguna bus trans sarbagita dengan metode adaptive neuro fuzzy inference system. E-J. Mat. 2, 46–52. doi:10.24843/MTK.2013.v02.i03.p048

Inilah Koridor Busway Makassar - JPNN.COM [WWW Document], n.d. URL https://www.jpnn.com/news/inilah-koridor-busway-makassar (accessed 10.11.17).

Isya, M., Anggraini, R., Sriana, T., 2013. Pemodelan Pemilihan Moda Antara Bus Rapid Transit Dan Sepeda Motor Dalam Perjalanan Menuju Ke Kampus Dengan Teknik Stated Preference. J. Tek. Sipil 2, 225–236.

Ridwan, 2017. Estimasi waktu kedatangan bus rapid transit (brt) menggunakan bus sebagai sensor node dikota makassar - pdf. J. Instek 2.

Rismayani, R., 2016. Pemanfaatan Teknologi Google Maps Api Untuk Aplikasi Laporan Kriminal Berbasis Android Pada Polrestabes Makassar. J. Penelit. Pos Dan Inform. 6, 185–200. doi:10.17933/jppi.2016.060205

Rismayani, R., Ardimansyah, A., n.d. Aplikasi Berbasis Mobile untuk Pencarian Rute Angkutan Umum Kota Makassar Menggunakan Algoritma Depth First Search.

Ritonga, P., n.d. Pengertian Unified Modeling Language ( UML ) dan Modelnya Menurut Pakar. Bangpahmicom - Tutor. Web Program. Dan SEO.

Safaat, N., 2015. Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Revisi Kedua. Informatika.

Salasa, W., Wakhidho, H., Bagus Hario Setiadji, Epf. Eko Yulipriyono, 2015. Evaluasi Sistem Pelayanan Transit Antar Koridor Bus Rapid Transit Trans SemaranG. J. KARYA Tek. SIPIL 4, 501–511.

Simarmata, J., n.d. Rekayasa Perangkat Lunak. Penerbit Andi.

Svennerberg, G., 2010. Beginning Google Maps API 3. Apress.

Sy, H., Rismayani, R., 2015. Pemetaan Titik Perumahan Pada Kota Makassar Menggunakan Google Maps Api. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE 3, 4–7–13.