Peran Teknologi Informasi dalam Menunjang Proses Logistik bagi Penyelenggara Pos di Era Digital (Kasus di Batam, Semarang, Jakarta, dan Mataram)

Vidyantina Heppy Anandhita, Agung Rahmat Dwiardi

Abstract


Perkembangan perdagangan elektronik (e-commerce) berdampak pada potensi peningkatan ekonomi melalui distribusi pengiriman barang bagi penyelenggara pos dan logistik. Untuk menunjang percepatan e-commerce pada sektor pos dan logistik, maka diperlukan gambaran kondisi peran TI dalam perusahaan. Gambaran tersebut dapat memberi informasi awal bagaimana implementasi TI yang dilakukan di perusahaan penyelenggara pos memberikan dampak terdahap daya saing dan keunggulan perusahaan di era e-commerce. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara kepada responden perwakilan high manajerial pada 19 perusahaan yang memiliki ijin penyelenggaraan pos di 4 kota besar di Indonesia yaitu Kota Batam, Jakarta, Semarang dan Makasar. Berdasarkan hasil pemetaan dalam IT Strategic Impact Grid dari perusahaan yang menjadi responden, diketahui bahwa mayoritas perusahaan di luar kota Jakarta berada di mode Support, di mana penggunaan TI hanya dilakukan untuk kegiatan pendukung bisnis. Sedangkan perusahaan yang berlokasi di Jakarta umumnya berada di mode Factory yang mengimplementasikan sistem handal karena sebagian besar proses bisnis utama sudah online. Kurangnya e-leadership dan keterbatasan investasi TI merupakan hambatan utama bagi perusahaan pos dan logistik untuk dapat menginplementasikan TI bagi perusahaan. Strategi yang diusulkan terkait peningkatan kapasitas TI perusahaan  pos dan logistik untuk dapat berkontribusi pada potensi pasar e-commerce di Indonesia yaitu dengan membangun e-leadership, pemanfaatkan plaform sistem operasi virtual bersama untuk mengatasi hambatan investasi teknologi, serta peningkatan kapasitas SDM TIK.


Keywords


penyelenggara pos, IT Strategic Impact

Full Text:

PDF

References


Avolio, B. J., Sosik, J. J., Kahai, S. S., & Baker, B. (2014). E-leadership: Re-examining transformations in leadership source and transmission. Leadership Quarterly, 25(1), 105–131. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2013.11.003

Bayles, D. L. (2002). E-Logistics & E-Fulfillment: Beyond the “Buy” Button. UNCTAD Workshop, 1–12.

Dasgupta, P. (2011). Literature Review: e-Leadership. Emerging Leadership Journeys, 4(1), 1–36. https://doi.org/10.15213/redes.n10.p309

Evangelista, P., & Kilpala, H. (2007). The perception on ICT use among small logistics service providers : a comparison between Northern and Southern Europe, 35, 81–98.

Hesse, M. (2002). Shipping news: The implications of electronic commerce for logistics and freight transport. Resources, Conservation and Recycling, 36(3), 211–240. https://doi.org/10.1016/S0921-3449(02)00083-6

Hong-Ying, S. (2009). Application of Barcode technology in Logistics and Warehouse Management.

Ilich, L. (2017). IMPACT OF ICT ON LABOR MARKET DEVELOPMENT: MAIN TRENDS AND PROSPECTIVES. Open educational e-environment of modern university (Vol. 3).

Jafari, S. M. B. (2014). Strategic cost-cutting in information technology : Toward a framework for enhancing the business value of IT. Iranian Journal of Management Studies (IJMS), 7(1), 21–39.

Logistic Summit 2015. (2015).

Luisa dos Santos Vieira, C., Sérgio Coelho, A., & Mendes Luna, M. M. (2013). ICT implementation process model for logistics service providers. Industrial Management & Data Systems, 113(4), 484–505. https://doi.org/10.1108/02635571311322757

Mulyadi, D. (2011). 140-436-1-Pb275-282 (2). Jurnal Riset Industri. Retrieved from http://www.kemenperin.go.id/download/4721/Pengembangan-Sistem-Logistik-yang-Efisien-dan-Efektif-degan-Pendekatan-Supply-Chain-Management

Naicker, V., & Pillay, R. (2010). Electronic Data Interchange in Developing Countries: Lessons from South Africa.

Nolan, R., & McFarlan, F. W. (2005). Information Technology and the Board of Directors Information Technology and the Board of Directors. Harvard Business Review.

Perego, A., Perotti, S., & Mangiaracina, R. (2011). ICT for logistics and freight transportation: a literature review and research agenda. International Journal of Physical Distribution & Logistics Management, 41(5), 457–483. https://doi.org/10.1108/09600031111138826

The Logistics Institute – Asia Pacific. (2016). E-Commerce Trends and Challenges : A Logistics and Supply Chain Perspective (Vol. 16).

Widyarto, A. (2012). Peran Supply Chain Management Dalam Sistem Produksi Dan Operasi Perusahaan. BENEFIT Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 16, 91–98. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/view/1362

World Development Report 2016 “Digital Dividends.” (2016).

Wresch, W., & Fraser, S. (2011). Persistent Barriers to E-commerce in Developing Countries. Journal of Global Information Management, 19(3), 30–44. https://doi.org/10.4018/jgim.2011070102




DOI: http://dx.doi.org/10.17933/jppi.2018.080106

Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pos dan Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Penelitian Pos & Informatika

p-ISSN: 2088-9402 ; e-ISSN: 2476-9266
Badan Litbang SDM Kemenkominfo
Puslitbang Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika
Jalan Medan Merdeka Barat No. 9, Lantai 4 Gedung Belakang, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Telepon: +62 21 34833640