PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP SISTEM PERDAGANGAN ELEKTRONIK DI MAKASSAR
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Sistem perdagangan elektronik (e-commerce) adalah suatu sistem yang baru berkembang beberapa tahun
belakangan ini. E-commerce merupakan inovasi teknologi yang sedang diimplementasikan kepada masyarakat.
Agar dapat berjalan sesuai keinginan penggunanya, maka perlu dilakukan penilaian terhadap tingkat penerimaan
pengguna terhadap sistem ini. Penelitian ini melakukan penilaian penerimaan masyarakat terhadap sistem
e-commerce dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini melakukan survei
terhadap 178 orang di Makassar yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerimaan
masyarakat terhadap sistem e-commerce di Makassar sudah “Tinggi”. Dari empat aspek penilaian dalam model
TAM, dua aspek utama yaitu persepsi terhadap kemudahan pengunaan dan persepsi terhadap manfaat/kegunaan,
berada pada tingkat “Tinggi” sedangkan dua aspek lainnya yaitu sikap dan keinginan untuk menggunakan
e-commerce masih berada pada tingkat “Sedang”
Abstract
E-commerce is a new technological innovation developed in recent years which is being implemented to the
public. To be user oriented, there should be an assessment on the level of user acceptance of these systems. This
study assesses community acceptance of e-commerce systems by using the Technology Acceptance Model (TAM).
This study surveyed 178 randomly selected people in Makassar. The results showed that the level of public
acceptance of e-commerce in Makassar is “High”. Four aspects in the TAM model has been assessed, two main
aspects, namely the Perceived Ease of Use and PerceivedUsefulness, are at the “High” level, while the other two
aspects, namely the Attitude Toward Using and Intention to Use are still at the “Medium” level.
Article Details
JPPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public to supports a greater global exchange of knowledge.
JPPI by MCIT/Kemenkominfo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at https://kominfo.go.id/.
References
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1980). Understanding
Attitudes and Predicting Social Behavior. Englewood
Cliff: NJ: Prentice Hall.
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior.
Organizational Behavior and Human Decision
Processes, 179-211.
Amalia, U. (2011). E-Commerce di Singapura dan
Indonesia: Sebuah Perbandingan Kebijakan.
Dipetik 10 31, 2014, dari academia.edu: https://
www.academia.edu/3043545/E-Commerce_
di_Singapura_dan_Indonesia_Sebuah_
Perbandingan_Kebijakan
BPS.(2011). Makassar Dalam Angka 2010. Makassar:
BPS Kota Makassar.
Chandrataruna, M., & Ngazis, A. N. (2013, Desember
.Teknologi. Dipetik Oktober 31, 2014,
dari vivanews: http://teknologi.news.viva.
co.id/news/read/467145-transaksi-onlinedisertifikasi--
ini-kata-pelaku-e-commerce
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived
Easu to Use of Information Technology.
Management Information System Quarterly, hal.
Gardner, C., & Amoroso, D. (2004).Development
of an Instrument to Measure the Acceptance of
Internet Technology by Consumers.Proceedings
of the 37th Hawaii International Conference on
System Sciences. USA.
Iqbaria, M., Zinatelli, N., Cragg, P., & Cavaye,
A. (1997, September). Personal Computing
Acceptable Factors in Small Firms : A Structural
Equation Model. MIS Quarterly, hal. 279-299.
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce
dalam Dunia Bisnis.
Januri, M. B., Darmayanti, P., Betria, Hajriani, S.,
& Kurniawan, G. (2008). Dipetik Januari 31,
, dari www.scribd.com: http://www.scribd.
com/doc/231453207/E-commerce-Dan-Standarstandar-
Dalam-E-commerce
Marketing Communication Team.(2014). www.
Lintasarta.net. Dipetik September 18, 2014,
dari http://www.lintasarta.net/OurCompany/
NewsandMedia/News/tabid/407/aid/238/
language/en-US/Default.aspx
Nugroho, M. A. (2009). Model Penerimaan
e-commerce. Jurnal Pendidikan Akuntansi
Indonesia (JPAI), VII(2), 46 - 55.
Riza, B. (2012, 12 12).tempo.co. Dipetik January
, 2013, dari http://www.tempo.co/read/
news/2012/12/12/072447763
StartupBisnis.(2014, Juni 12). StartupBisnis.com.
Dipetik September 18, 2014, dari http://
startupbisnis.com/hal-hal-menarik-dari-risetperilaku-
e-commerce-indonesia-oleh-ideaecommerceid/
Yusuf, O. (2012, December 14). tekno.co.pas.com.
Dipetik January 31, 2013, dari http://tekno.
kompas.com/read/2012/12/14/14384261/Ecommerce.
Indonesia.Terhalang.Mental