Analisis Hambatan Komunikasi Organisasi Vertikal PT Pos Indonesia (Persero) (Kasus Pada Kantor Pos Medan)
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Masalah utama penelitian ini adalah bagaimana hambatan pelaksanaan komunikasi organisasi vertikal ke atas pada Kantor Pos Medan. Untuk menjawabnya dilakukan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen serta pengisian Daftar Isian Pos. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk komunikasi organisasi vertikal ke bawah didominasi komunikasi lisan tatap muka, sedangkan bentuk komunikasi organisasi vertikal ke atas umumnya menggunakan komunikasi tulisan sepanjang mengenai laporan keuangan dan informasi pekerjaan kantor. Jenis informasi yang disampaikan pimpinan kurang sesuai dengan informasi yang dibutuhkan karyawan sehingga timbul kesenjangan informasi. Pelaksanaan komunikasi vertikal ke atas menyangkut keluhan karyawan masih minim karena adanya hambatan pribadi (personal barriers), dan hambatan organisasi (organization barriers).
ABSTRACT
The main problem of this research is how the implementation of organizational communication barriers vertically upwards on the Medan Post Office. To answer it, conducted a research with descriptive qualitative approach. Data collected through in-depth interviews, observation, and study of documents and filling the Post Checklist. Data analysis using descriptive qualitative. The results showed that the form of organizational downward vertical communication generally dominated by face-to-face verbal communication, while the organizational form of upwards vertical communication generally using written communications throughout the financial statements and information about office work. In accordance to the type of information that is presented by the leaders is lack of the needs of employee so that there are information gaps. Implementation of upward vertical communication regarding employee complaints still minimal due to personal barriers, and organizational barriers.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JPPI provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public to supports a greater global exchange of knowledge.
JPPI by MCIT/Kemenkominfo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Permissions beyond the scope of this license may be available at https://kominfo.go.id/.
References
Arif; A. M. (2011). Pengaruh Desain Struktur Organisasi Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Medan. Diakses dari http://repository.usu.ac.id/handle /123456789/27567/5/; 15 Maret 2013.
Asri; A. (2008). Analisis Corporate Turn-Around dan Implikasinya Studi Kasus : PT Pos Indonesia. Tesis. Diakses dari www. digilib.ui.ac.id/file?file=pdf/abstrak-12053; pdf; 19 Maret 2013
Barnett; G. A. (1995). Communication and Organizational Culture Dalam; Gerald M. Goldhaber dan George A. Barnett; Handbook of Organizational Communication. Norwood; New Jersey : Ablex Publisihing Corporation.
Citra; D. N. (2011). Upaya Peningkatan Pelayanan Dan Kemudahan Bagi Konsumen PT Pos dan Giro Medan Skripsi. Diakses dari http//repository.usu.ac.id/bitstre/am/123456789/30643/6/Cover.pdf; 18 Februari 2013
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi Keempat. Jakarta; Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Deetz; S. A. (2009). Teori Demokrasi Organisasi Dalam Teori Komunikasi Organisasi. Morissan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
DeVito A; J. (2011). Komunikasi Antarmanusia; Edisi Kelima; Alih Bahasa : Agus Maulana. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
Djamin; D. 2013. Hari Jadi PT Pos Indonesia atau Kolonial ? dalam Teguh (2013) diakses dari (http://wwwharianhaluan.com/index.php?option=comcontent&view=article&id=21115; 25 Maret 2013)
Garner; E. t.t.Seven Barriers to Great Communication”. Diakses dari http://www.hodu.com/barriers.shtml; 6 Februari 2014
Goldhaber; G. M. 1990. Organizational Communication. Fifth Edition. Dubuque; Wim C Brown Publishers
Handoko; H. T. 1991. Manajemen. Edisi II. Yogyakarta; BPFE
Isnaeni; M. (2011). Penelitian Komunikasi Organisasi di Perpustakaan Perguruan Tinggi : Studi Kasus pada UPT Perpustakaan Perguruan Tinggi XY. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Program Magister Ilmu Perpustakaan.
Kaban; R. (2011). Studi Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Pos. Jurnal Penelitian Pos dan Informatika. Vol.1; No 2; hal. 52-72.
Kaplan; R S. (2013). Bagi Pemimpin; Komunikasi Nomor Satu. Media Indonesia; 22 Februari 2013; hal. 12
Kusuma. E. F. (2012). Ingin Lebih Sejahtera; Ratusan Pegawai PT Pos Geruduk Kemenkominfo. Diakses dari http://news.detik.com/read/2012/06/28/124106/1953059/10/; 18 Februari 2013 .
Littlejohn; S.W. & Foss; K.A. (2009) . Teori Komunikasi. Edisi 9. Penerjemah : Mohammad Yusuf Hamdan. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
McQuail; D. (2013). Reflection on Paradigm Change in Communication Theory and Research. International Journal of Communication 7; 216-229
Miles; M. B. & Huberman; A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Penerjemah Tjetjep Rohadi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Muhammad; A. (2001). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Nababan; G. S. 5000 Karyawan PT Pos Mogok Kerja diakses dari http://www.analisadaily.com/news/read/2012/06/28/59701/5000; 14 Februari 2013
Pace; W. R. & Faules; D. F. (2000). Komunikasi Organisasi. Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Pitaloka; R. D. (2012). Selamatkan PT Pos Indonesia dan Sejahterakan Pekerja serta Pensiunan PT Pos Indonesia. Diakses dari http://www.riekediahpitaloka.com/release/201206/14 Februari 2013
Priatmaja; I. A. 2008. Analisis Pengembangan Sistem Manajemen Stratejik Studi Kasus : PT Pos Indonesia. Tesis. Diakses dari http://www. lontar.ui.ac.id/file?file=digital/120404-T%2025481...Metodologi; pdf; 21 Januari 2013.
Pujari; S. ; t.t. 4 Different Types of Barriers to Effective Communication. Diakses dari http://www.yourarticlelibrary.com/business/4-different-types-of-barriers-to-effective-communication/1004/; 5 Februari 2014.
Ruslan; R. 2010. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta : RajaGrafindo Persada.
Satori; D. dan Komariah; A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Schiemann; W. A. (1992) . Organization Change : Lesson from a Turnaround. Diakses dari (http://www.turnaround.org/Publications/Articles.aspx?objectID=2885; 20 Maret 2013)
Sendjaja; S. D. ; dkk. (2008). Teori Komunikasi. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka
Situmorang; Ucok Sangap; 2012. “Pengaruh Komunikasi Organisasi Vertikal ke Bawah; Vertikal ke Atas dan Horizontal terhadap Kinerja Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat II Medan” http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/30718; 28 Februari 2013.
Smith; Christopher; 2010. “The Seven Barriers of Communication” (http://www.csedev.com/the-seven-barriers-of-communication/; 22 Februari 2013)
Sumartias; Suwandi (t.t). “Unjuk Rasa Indikasikan Komunikasi yang Terganggu” Disertasi. Bandung. Program Pascasarjana Unpad. http://news.unpad.ac.id/?p=11439; 10 April 2013.
Terry; George R; 1977. Principles of Management. Seventh Edition. Homewood; Illinois; Richard D. Irwin Inc.
Wahyuningsih; Sri. 2012. “Analisis SWOT untuk Penentuan Strategi Optimalisasi Infrastruktur”Buletin Pos dan Telekomunikasi. Vol. 10; No.4. hal. 289-289-304
Winarsih; Wulan Sastra; 2011. “Iklim Komunikasi Organisasi dan Kepuasaan Kerja (Studi Korelasional Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi terhadap Tingkat Kepuasaan Kerja pada Karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Medan Iskandar Muda” Skripsi. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/26455; 15 Maret 2013
Dokumen
Republik Indonesia; 1998. Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.
Internet
“Ratusan Pensiunan Kantor Pos Demo di Medan; 2011. http://eksposnews.com/view/2/23683/Ratusa-Pensiunan-Kantor-Pos-Demo-di-Medan.html; 18 Februari 2013.
Pos Indonesia-Divisi Teknologi Informasi; 2012. “Master Record : Kantor Pos Pemeriksa (Kprk)” http://kantorpos.posindonesia.co.id/kantorposcabangdalamnegeridanluarkota; 18 Februari 2013.