Analisis Hambatan Komunikasi Organisasi Vertikal PT Pos Indonesia (Persero) (Kasus Pada Kantor Pos Medan)

Main Article Content

Paraden Lucas Sidauruk

Abstract

ABSTRAK

Masalah utama  penelitian ini adalah bagaimana hambatan pelaksanaan komunikasi organisasi vertikal ke atas pada  Kantor Pos Medan.  Untuk menjawabnya  dilakukan penelitian deskriptif dengan pendekatan  kualitatif.  Pengumpulan data dilakukan melalui  wawancara mendalam,  observasi,  dan studi dokumen serta  pengisian  Daftar Isian Pos. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk komunikasi organisasi vertikal ke bawah didominasi komunikasi lisan tatap muka, sedangkan bentuk komunikasi organisasi vertikal ke atas umumnya menggunakan  komunikasi tulisan sepanjang mengenai  laporan keuangan dan informasi pekerjaan kantor.  Jenis informasi yang disampaikan pimpinan kurang  sesuai dengan informasi yang dibutuhkan karyawan sehingga timbul  kesenjangan informasi. Pelaksanaan komunikasi vertikal  ke atas menyangkut keluhan karyawan  masih minim karena adanya  hambatan pribadi (personal barriers), dan  hambatan organisasi (organization barriers).

 

ABSTRACT

The main problem of this research is how the implementation of organizational communication barriers vertically upwards on the Medan Post Office. To answer it, conducted a research with descriptive qualitative approach. Data collected through in-depth interviews, observation, and study of documents and filling the Post Checklist. Data analysis using descriptive qualitative. The results showed that the form of organizational downward vertical communication generally dominated by face-to-face verbal communication, while the organizational form of upwards vertical communication generally using written communications throughout the financial statements and information about office work. In accordance to the type of information that is presented by the leaders is lack of the needs of employee so that there are information gaps. Implementation of upward vertical communication regarding employee complaints still minimal due to personal barriers, and organizational barriers.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Paraden Lucas Sidauruk, Puslitbang PPI

Kementerian Komunikasi dan Informatika

References

Arif; A. M. (2011). Pengaruh Desain Struktur Organisasi Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Medan. Diakses dari http://repository.usu.ac.id/handle /123456789/27567/5/; 15 Maret 2013.

Asri; A. (2008). Analisis Corporate Turn-Around dan Implikasinya Studi Kasus : PT Pos Indonesia. Tesis. Diakses dari www. digilib.ui.ac.id/file?file=pdf/abstrak-12053; pdf; 19 Maret 2013

Barnett; G. A. (1995). Communication and Organizational Culture Dalam; Gerald M. Goldhaber dan George A. Barnett; Handbook of Organizational Communication. Norwood; New Jersey : Ablex Publisihing Corporation.

Citra; D. N. (2011). Upaya Peningkatan Pelayanan Dan Kemudahan Bagi Konsumen PT Pos dan Giro Medan Skripsi. Diakses dari http//repository.usu.ac.id/bitstre/am/123456789/30643/6/Cover.pdf; 18 Februari 2013

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi Keempat. Jakarta; Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Deetz; S. A. (2009). Teori Demokrasi Organisasi Dalam Teori Komunikasi Organisasi. Morissan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

DeVito A; J. (2011). Komunikasi Antarmanusia; Edisi Kelima; Alih Bahasa : Agus Maulana. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Djamin; D. 2013. Hari Jadi PT Pos Indonesia atau Kolonial ? dalam Teguh (2013) diakses dari (http://wwwharianhaluan.com/index.php?option=comcontent&view=article&id=21115; 25 Maret 2013)

Garner; E. t.t.Seven Barriers to Great Communication”. Diakses dari http://www.hodu.com/barriers.shtml; 6 Februari 2014

Goldhaber; G. M. 1990. Organizational Communication. Fifth Edition. Dubuque; Wim C Brown Publishers

Handoko; H. T. 1991. Manajemen. Edisi II. Yogyakarta; BPFE

Isnaeni; M. (2011). Penelitian Komunikasi Organisasi di Perpustakaan Perguruan Tinggi : Studi Kasus pada UPT Perpustakaan Perguruan Tinggi XY. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Program Magister Ilmu Perpustakaan.

Kaban; R. (2011). Studi Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Pos. Jurnal Penelitian Pos dan Informatika. Vol.1; No 2; hal. 52-72.

Kaplan; R S. (2013). Bagi Pemimpin; Komunikasi Nomor Satu. Media Indonesia; 22 Februari 2013; hal. 12

Kusuma. E. F. (2012). Ingin Lebih Sejahtera; Ratusan Pegawai PT Pos Geruduk Kemenkominfo. Diakses dari http://news.detik.com/read/2012/06/28/124106/1953059/10/; 18 Februari 2013 .

Littlejohn; S.W. & Foss; K.A. (2009) . Teori Komunikasi. Edisi 9. Penerjemah : Mohammad Yusuf Hamdan. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

McQuail; D. (2013). Reflection on Paradigm Change in Communication Theory and Research. International Journal of Communication 7; 216-229

Miles; M. B. & Huberman; A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Penerjemah Tjetjep Rohadi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Muhammad; A. (2001). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Nababan; G. S. 5000 Karyawan PT Pos Mogok Kerja diakses dari http://www.analisadaily.com/news/read/2012/06/28/59701/5000; 14 Februari 2013

Pace; W. R. & Faules; D. F. (2000). Komunikasi Organisasi. Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Pitaloka; R. D. (2012). Selamatkan PT Pos Indonesia dan Sejahterakan Pekerja serta Pensiunan PT Pos Indonesia. Diakses dari http://www.riekediahpitaloka.com/release/201206/14 Februari 2013

Priatmaja; I. A. 2008. Analisis Pengembangan Sistem Manajemen Stratejik Studi Kasus : PT Pos Indonesia. Tesis. Diakses dari http://www. lontar.ui.ac.id/file?file=digital/120404-T%2025481...Metodologi; pdf; 21 Januari 2013.

Pujari; S. ; t.t. 4 Different Types of Barriers to Effective Communication. Diakses dari http://www.yourarticlelibrary.com/business/4-different-types-of-barriers-to-effective-communication/1004/; 5 Februari 2014.

Ruslan; R. 2010. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Satori; D. dan Komariah; A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Schiemann; W. A. (1992) . Organization Change : Lesson from a Turnaround. Diakses dari (http://www.turnaround.org/Publications/Articles.aspx?objectID=2885; 20 Maret 2013)

Sendjaja; S. D. ; dkk. (2008). Teori Komunikasi. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka

Situmorang; Ucok Sangap; 2012. “Pengaruh Komunikasi Organisasi Vertikal ke Bawah; Vertikal ke Atas dan Horizontal terhadap Kinerja Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat II Medan” http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/30718; 28 Februari 2013.

Smith; Christopher; 2010. “The Seven Barriers of Communication” (http://www.csedev.com/the-seven-barriers-of-communication/; 22 Februari 2013)

Sumartias; Suwandi (t.t). “Unjuk Rasa Indikasikan Komunikasi yang Terganggu” Disertasi. Bandung. Program Pascasarjana Unpad. http://news.unpad.ac.id/?p=11439; 10 April 2013.

Terry; George R; 1977. Principles of Management. Seventh Edition. Homewood; Illinois; Richard D. Irwin Inc.

Wahyuningsih; Sri. 2012. “Analisis SWOT untuk Penentuan Strategi Optimalisasi Infrastruktur”Buletin Pos dan Telekomunikasi. Vol. 10; No.4. hal. 289-289-304

Winarsih; Wulan Sastra; 2011. “Iklim Komunikasi Organisasi dan Kepuasaan Kerja (Studi Korelasional Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi terhadap Tingkat Kepuasaan Kerja pada Karyawan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Medan Iskandar Muda” Skripsi. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/26455; 15 Maret 2013

Dokumen

Republik Indonesia; 1998. Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

Internet

“Ratusan Pensiunan Kantor Pos Demo di Medan; 2011. http://eksposnews.com/view/2/23683/Ratusa-Pensiunan-Kantor-Pos-Demo-di-Medan.html; 18 Februari 2013.

Pos Indonesia-Divisi Teknologi Informasi; 2012. “Master Record : Kantor Pos Pemeriksa (Kprk)” http://kantorpos.posindonesia.co.id/kantorposcabangdalamnegeridanluarkota; 18 Februari 2013.